Buah Naga

Sehubungan dengan hari raya idul fitri surowungu mengucapkan minal adzin wal waidzin. mohon maaf lahir dan batin. maaf kalau akhir-akhir ini jarang posting artikel karena kesibukan kami menjelang hari raya idul fitri. hhehe ...

sekarang mulai masuk dalam bahasan artikel ini ya. sekarang kita bahas tentang buah naga. apa sobat tahu ternyata buah yang berasal dari pohon sejenis kaktus ini dapat menghilangkan dahaga kita. selain itu banyak lainnya manfaat dan khasiat buah naga ini. di artikel ini kami ulas beberapa hal seperti sejarah, klasifikasi, kandungan gizi, dan manfaat buah naga. happy reading )

Sejarah Buah Naga


Dragon Fruit ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Klasifikasi Buah Naga


KingdomPlantae (Tumbuhan)
SubkingdomTracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super DivisiSpermatophyta (Menghasilkan biji)
DivisiMagnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasMagnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub KelasHamamelidae
OrdoCaryophyllales
FamiliCactaceae(suku kaktus-kaktusan)
GenusHylocereus
SpesiesHylocereus undatus (Haw.)Britt.Et R

Kandungan Gizi Buah Naga


Kadar Gula 13-18 briks
 Air 90 %
Karbohidrat 11,5 g
Asam 0,139 g
Protein 0,53 g
Serat 0,71 g
Kalsium 134,5 mg
Fosfor 8,7 mg
Magnesium 60,4 mg
Vitamin C 9,4 mg

Manfaat dan Khasiat Buah Naga


Penyeimbang kadar gula darah
Pelindung kesehatan mulut
Pencegah kanker usus
Mengurangi kolesterol
Pencegah pendarahan
Mengobati keluhan keputihan
Sangat baik untuk sistem peredaran darah
Mengurangi tekanan emosi
Meningkatkan metabolisme tubuh
Menjaga kesehatan jantung
Karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit)
Kalsium (menguatkan tulang).
Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah
Vitamin B1 (mencegah demam badan), vitamin B2 (menambah selera), vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

Related Posts



3 komentar:

cerita tips kesehatan