Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental

tanpa kita sadari mental kita memegang peran penting dalam hidup kita. seseorang tidak akan dapat berdiri tegak jika mentalnya sakit. seseorang tidak akan bisa memecahkan masalahnya jika mentalnya tidak sehat. oleh karena itu, mental yang sehat adalah kunci untuk kita bisa bertahan dalam menghadapi segala masalah hidup.

mental bisa dikatakan sehat jika kita telah jauh dari rasa depresi, gelisah, dan masalah psikologis lainnya. kesehatan mental seseorang dapat dipengaruhi dari dirinya sendiri. cara menilai diri sendiri, menjaga kualitas hubungan, kemampuan untuk mengelola perasaan, dan menghadapi kesulitan adalah beberapa hal yang mungkin mempengaruhi kesehatan mental.

berikut ini cara agar kita jauh dari sakit mental :

1. Percaya diri.
2. Harus ada keseimbangan antara bekerja dan menghibur diri.
3. Semangat, dapat tertawa dan bersenang-senang.
4. Mampu beradaptasi dengan perubahan dan belajar dari hal tersebut.
5. Bangun dan pertahankan kualitas hubungan yang memuaskan.
6. Memiliki rasa kepuasan yang tidak terlalu tinggi.
7. Memiliki tujuan yang baik dalam kegiatan apa pun.

Kesehatan mental juga bisa jaga dengan menjaga kesehatan fisik kita. karena pikiran dan tubuh sedikit banyaknya saling berhubungan. oleh karena itu, meningkatkan kesehatan fisik merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan mental. berikut ini beberapa cara meningkatkan kesehatan fisik yang dapat menjaga kesehatan mental :

1. Olahraga
Olahraga dapat melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia kuat yang memberikan energi kita dan meningkatkan suasana hati.

2. Pola makan yang sehat
Pola makan yang sehat juga mempengaruhi suasana hati.

3. Hindari alkohol dan rokok
Dari beberapa orang mengatakan alkohol dan rokok dapat jiwa kita tenang dan lainnya. tetapi itu hanya untuk waktu sesaat. sebaliknya untuk jangka panjang alkohol dan rokok akan berdampak negatif pada kesehatan mental dan suasana hati.

4. Istirahat yang cukup
istirahat yang cukup juga berpengaruhi pada kesehatan mental. kebanyakan orang membutuhkan waktu untuk tidur selama 7-8 jam agar berfungsi optimal.

5. Sinar matahari yang cukup setiap hari
Sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati, jadi cobalah untuk mendapatkan setidaknya 10-15 menit paparan sinar matahari per hari. sinar matahari pagi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

terima kasih sobat semuanya telah membaca artikel ini. semoga banyak bermanfaat. :)

Related Posts



1 komentar:

cerita tips kesehatan