Bersin Jangan Ditahan

bersin

bersin



bersin ketika kita di antara banyak orang, mungkin akan terlihat tidak sopan. apalagi andai kita dalam keadaan sedang rapat atau sedang berada dalam pertemuan penting. pasti anda akan menjadi pusat perhatian.

maka dari itu, beberapa orang akan melakukan apa saja untuk menahan bersin. di satu sisi menahan bersin itu justru sangat berbahaya bagi tubuh. mengapa demikian? semoga uraian singkat berikut dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Kecepatan bersin yang dimiliki manusia rata-rata adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan memengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali

Dr. Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics mengatakan bahwa Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorokan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersin justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko

kemudian ditambahkan pula, bahwa ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin seperti :
1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
2. Mimisan
3. Pecah gendang telinga
4. Gangguan pendengaran
5. Vertigo

setelah kita tahu akibat buruk dari menahan bersin, apa kita masih coba untuk menahan bersin? tentu tidak kan. Untuk membantu seseorang agar mudah bersin bisa dengan cara melihat cahaya terang, hal ini dapat merangsang saraf optik yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu iritasi yang terjadi di saraf dekat pusat bersin juga bisa memicu seseorang untuk bersin. semoga bermanfaat.

Related Posts



12 komentar:

cerita tips kesehatan