Tips Sariawan

Tips sariawan

Sariawan (stomatitis aphtosa) adalah suatu penyakit berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. sariawan menurut saya adalah penyakit yang sangat menjengkelkan. karena sariawan makanan enak menjadi nggak enak. berikut faktor yang menyebabkan sariawan.

1.Trauma mekanis (luka karena tergigit)
2.Kekurangan vitamin C, Vitamin B12 dan zat besi
3.Infeksi bakteri/ virus
4.Kondisi tubuh tidak fit
5.Kelainan pencernaan
6.Kurang menjaga kebersihan mulut
7.Ketidakseimbangan hormone (pada wanita yang mengikuti siklus menstruasi)

Tips mencegah sariawan

1.Menjaga kebersihan mulut dengan cara gosok gigi.
2.Banyak minum air putih.
3.Kumur-kumur dengan antiseptik.
4.Tingkatkan daya tahan tubuh, dengan cara istirahat yang cukup, olah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi

Tips mengatasi sariawan

1.Berkumur dengan air garam hangat.
2.Berkumur dengan mouth wash yang mengandung thymol glyserin atau berkumur dengan antiseptik yang mengandung chlorhexidine atau povidone-iodine
3. diberikan obat salep khusus anti radang.
4.Untuk mengurangi rasa sakit dapat digunakan analgetik seperti salisilat.

Tips mengatasi sariawan secara herbal

Bahan :
tomat, kiwi, jeruk lemon, dan madu

Caranya :
campur 1 buah tomat dan kiwi (kupas kulitnya) ke dalam blender.
Tambah dengan air perasan ½ jeruk lemon dan madu secukupnya.
Blender, lalu minum 3 kali sehari.

Ada yang bilang sariawan merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. biasanya 1 - 2 minggu. semoga tips kali ini bermanfaat.

Related Posts



18 komentar:

wah nice tips sob...
Absen malam :)

mantab gan,,,, kebetulan ane lagi sariawan nih

hadir kembali sob izin nyimak tipsnya :)
Absen siang

Kalau sariawan, saya biasanya minum juice jambu merah. Cepat sembuh!

Kalau sariawan, saya minum vitamin C, misalnya jeruk dan jambu merah dan perbanyak minum air putih.

mampir membaca sariawan :D

nice info sob . keep writting

Thanks infonya, kadang saya juga sariawan. Sangat bermanfaat artikel tentang sariawan ini bagi saya.

saya pakai adem sari sob,,,


tpii tips anda wjib sya praktek kan,,,

lbih alamii...
lebih amann...

memang ga nyaman kalau sedang sariawan

ini tips mengatasi sariawan yg saya cari-cari sobat...sariawan kadang menjengkelkan..hey..saya jg punya beberapa artikel tentang kesehatan kok sob..chekidot :)

postingan yang bagus...

di follow back ya..artikel yang bagus nih..tukar link sob... :)

Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya ini

sering2 makan pepaya aja, kt terhindar dr bahaya sembelit/ambeyen, jg ga bakalan kena sariawan/gusi berdarah juga lho...

ane butuh nih info,, thanks yah sob, sngat berguna buat ane,, heheehe

kunjungan dari softwareku4u.blogspot.com dan mediashared-liquid.blogspot.com
maaf baru sempat update lagi sob :)

cerita tips kesehatan