Jalan Kaki Itu Sehat

Olahraga dipercaya sebagai salah satu hal untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk penyakit jantung. Dari sekian banyak olahraga, jalan kaki diklaim sebagai cara termudah untuk mencegah salah satu penyakit kardiovascular tersebut. Sebab, selain murah, olahraga ini juga tidak terlalu berat dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
Menurut penelitian, jalan kaki secara teratur dapat menurunkan resiko hipertensi (tekanan darah tinggi), yang merupakan salah satu faktor pencetus penyakit jantung. Selain itu, jika Anda memang penderita hipertensi, aktivitas berjalan kaki justru akan sangat membantu menurunkan mengurangi tekanan darah, tentunya jika dilakukan secara rutin.
Aktivitas jalan kaki memang baru bisa disebut olahraga, jika dilakukan secara berkesinambungan, minimum 30 menit setiap harinya. Untuk latihan jantung, perhitungan zona latihannya adalah 60 - 80 % dari denyut nadi maksimum (DNM). Angka DNM diambil dari 220 – umur. Jadi, misalnya Anda berusia 40 tahun, DNM-nya adalah 220 – 40 = 180, maka denyut nadi latihan Anda antara 60% x 180 = 108 dpm (denyut per menit) sampai dengan 80% x 80 = 144 dpm.
Namun agar latihan lebih efektif dan bisa masuk zona latihan, sebaiknya intensitasnya ditambah, baik itu kecepatannya, jarak tempuhnya, waktu dan juga medannya (misalnya jalan yang menanjak/menurun). Latihan pun bisa dimulai dari seminggu sekali, seminggu dua kali, seminggu tiga kali, sampai nantinya bisa dilakukan setiap hari.
Pembiasaan tersebut memang tidak mudah. Tapi jika dilakukan secara rutin dan bertahap dengan kemauan yang tinggi, pasti bisa berhasil.
Selain itu, coba tanamkan pula kebiasaan berjalan kaki jika ingin menuju tempat yang tidak terlalu jauh. Alih-alih menggunakan kendaraan bermotor, cobalah berjalan kaki. Meskipun hanya 10 menit, lumayan untuk menggerakkan otot tubuh dan jantung anda.
Peningkatan aktifitas fisik perlu juga dilakukan. Hal itu bukan berarti anda harus berolahraga di sebuah tempat senam, namun perbanyak aktivitas seperti jalan kaki, menggunakan tangga dibanding lift atau berkebun. Yakinlah bahwa kegiatan tersebut jauh lebih baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Pertama kali jalan kaki adalah olahraga fisik murah yang dapat dilakukan setiap saat dan baik bagi kesehatan. Bagi Anda yang terbiasa mengendarai mobil kenapa tidak merubah pola hidup dengan meninggalkan mobil di rumah dan menggantinya dengan jalan kaki atau jalan santai. (Dari berbagai sumber)

Related Posts



0 komentar:

cerita tips kesehatan